Tips Mengajarkan Anak Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Mengajarkan anak menjalankan ibadah puasa menjadi suatu hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Terlebih jika anak tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi. Namun, bagi orang tua puasa Ramadhan menjadi sebuah momen yang sangat tepat untuk mengajarkan sang buah hati untuk menjalankan ibadah puasa.

Walaupun anak-anak belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun tidak ada salahnya untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak untuk menjalankan ibadah puasa sejak dini.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa ulasan mengenai tips mengajarkan anak ibadah puasa.

tips mengajarkan anak puasa

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Ada beberapa tips yang bisa para orang tua lakukan dalam mengajarkan anak-anaknya untuk memulai belajar menjalankan ibadah puasa. Diantaranya adalah sebagai

tips yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak anak belajar puasa ramadhan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Awali dengan latihan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa. Misalnya membangunkannya di waktu sahur, melewati waktu sarapan dan masih banyak cara lainnya.

Setelah anak mulai terbiasa bangun di waktu sahur. Anda bisa memulai mengajarkannya untuk menahan lapar selama beberapa jam terlebih dahulu. Setelah mereka terbiasa mulailah untuk mengajak mengerjakan puasa secara penuh.

2. Menyajikan menu makanan sehat

Beda halnya dengan orang dewasa, anak-anak lebih membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang  sepanjang hari untuk menunjang tumbuh kembangnya. Namun, jika ia menjalankan ibadah puasa akan membuat asupan nutrisinya akan berkurang.

Maka dari itu, untuk mencegah berkurangnya asupan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa, para orang tua harus menyajikan makanan yang sehat di saat sahur dan juga berbuka agar asupan nutrisinya tetap seimbang. Usahakan untuk tidak memberikan asupan garam dan gula secara berlebih, karena asupan garam dan gula yang berlebih dapat menimbulkan rasa lapar. Sebagai gantinya, Anda bisa menggantinya dengan makanan yang kaya akan kandungan serat dan juga protein untuk menciptakan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Berikan Hadiah

Saat mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa, jangan lupa untuk memberikan hadiah agar mereka lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasanya, Misalnya saja memberikan mereka es krim ketika mampu menjalankan puasa secara penuh. Maka dengan adanya hadiah tersebut si anak akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasanya, namun berikan juga pengertian bahwa dalam menjalankan ibadah puasa harus ikhlas karena Allah Ta'ala. Adapun hadiah tersebut hanya bonus saja.

4. Ajarkan nilai-nilai Islam

Sembari mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa, jangan lupa untuk mengajarkan juga nilai-nilai Agama Islam lainnya. Selain puasa ummat Islam juga di wajibkan untuk menunaikan ibadah sholat lima waktu, berzakat dan lain sebagainya.

Selain mengajarkan anak-anak untuk puasa. Tidak ada salahnya untuk mengajarkan mereka untuk sholat dan membaca Al-Qur'an.

Nah, itulah beberapa tips mengajarkan anak menjalankan ibadah puasa, semoga anak-anak kita bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar untuk "Tips Mengajarkan Anak Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan"