9 Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Proyektor adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau video dari komputer maupun laptop ke layar untuk menghasilkan tampilan gambar yang lebih besar. Proyektor bekerja dengan menintegrasikan cahaya atau sistem optik untuk menghasilkan tampilan gambar ataupun video.

Biasanya proyektor digunakan untuk melakukan persentasi di kelas ataupun dikantor agar bisa dilihat dengan jelas oleh semua orang. Namun, saat ini peryektor bukan hanya digunakan untuk persentasi saja, tapi juga digunakan untuk kebutuhan hiburan.

tips memilih proyektor

Sekarang ini teknologi pada proyektor sudah semakin canggih dengan adanya fitur-fitur tambahan yang semakin membuat proyektor tersebut memiliki kualitas yang lebih baik. Ketika kamu akan membeli proyektor ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Besar kecilnya budget yang dimiliki memanglah sangat mempengaruhi jenis proyektor seperti apa yang nantinya akan kita beli. Akan tetapi, meskipun sebuah proyektor dibanderol dengan harga yang murah b ukan berarti kualitas proyektor tersebut murahan. Untuk itu berikut ini tips memilih proyektor sesuai dengan budget dan juga kebutuhan:

1. Survei harga setiap jenis proyektor

Harga proyektor sangat bervariasi dan setiap tahunnya selalu ada perubahan. Untuk menyesuaikan jenis proyektor dan jug budgetnya, kamu perlu mengetahui daftar harga proyektor yang ada di pasaran saat ini terlebih dahulu. Dengan mengetahui harganya kamu bisa memilih proyektor jenis apa yang sesuai budget dan kebutuhan kamu.

2. Ketahui terlebih dahulu kebutuhan

Sebelum kamu membeli proyektor alangkah lebih baiknya untuk mengetahui kebutuhan seperti apa yang kamu perlukan. Apakah proyektor itu nantinya akan digunakan di dalam kelas, kantor, atau mungkin akan digunakan di hall besar.

3. Ketahui tipe-tipe proyektor

Ada tiga jenis teknologi yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah proyektor. Teknologi tersebut adalah DLP, LCD. dan LCOS.Ketiga teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Proyektor DLP

Proyektor DLP dapat menampilkan gambar yang cerah akurasi warna yang baik, akan tetapi teknologi DLP ini dapat memberikan efek pelangi yang membuat pixel terlihat.

Proyektor LCD

Proyektor LCD msmpu menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus dibandingkan proyektor DLP, namun jika digunakan dengan resolusi yang besar akan memunculkan screen dorr effect yang mengakibatkan pixel menjadi terlihat.

Proyektor LCOS

Proyektor yang ketika adalah proyektor LCOS, yaitu merupakan proyektor dengan teknologi gabungan dari DLP dan LCD, jadi proyektor jenis ini memiliki kualitas yang lebih baik diabndingkan proyektor DLP dan LCD.

4. Fitur yang dimiliki

Terdapat beberapa fitur yang dimiliki sebuah proyektor. Fitur-fitur tersebut perlu kamu pertimbangkan supaya dapat memenuhi kebutuhanmu. Proyektor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur seperti port USB, VGA, SDCard, HDMI, hingga built-in speaker.

5. Merek proyektor

Beli lah proyektor dengan merk yang terpercaya. Selain ketahanannya, kamu juga akan mendapatkan layanan service dan juga garansi. Jika suatu saat proyektor yang kamu beli mengalami kerusakan, maka kamu perlu repot untuk mmperbaikinya karna ada garansi yang menjamin proyektor yang kamu beli.

6. Tentukan brightness

Brightnes atau lumens adalah salah satu komponen yang perlu kamu perimbangkan ketika akan membeli proyektor. Untuk mempertimbangkan lumens, kamu bisa menyesuaikan dengan tempat dan kegiatan seperti apa yang akan kamu lakukan.

7. Perhatikan usia lampu

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah usia lampu yang dimiliki proyektor. Usahakan untuk membeli proyektor yang memiliki usia lampu yang panjang.

Brightness pada proyektor juga dipengaruhi oleh usia lampu, semakin kecil cahayanya maka maka semakin sedikit lampu yang dibutuhkan.

8. Perhatikan ukuran resolusi

Semakin besar resolusi sebuah gambar, maka semakin besar pula gambar yang akan ditampilkan. 800x600 setara dengan 480.000 pixel merupakan resolusi standar yang bisa kamu gunakan saat melakukan sebuah persentasi.

Jika proyektor tersebut digunakan untuk menonton film maka kamu bisa menggunakan proyektor dengan resolusi SVGA 800x600, XGA 1024x768, dan SXGA 1080x1024x768 untuk dapat menampilkan gambar yang jernih dan juga tajam.

9. Berat proyektor

Berat sebuah proyektor juga harus diperhatikan supaya mudah saat menempatkannya diruang kelas, kantor, dan lainnya. Pilihlah proyektor yang memiliki bobot yang ringan, jika kamu akan menggantungkannya di dalam ruangan.

Itulah ulasan mengenai tips dan cara memilih proyektor yang tepat sesuai budget dan kebutuhan, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "9 Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan"