Tips Memilih Printer Sesuai dengan Kebutuhan

Printer merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen dan gambar. Saat ini printer sudah diggunakan oleh banyak orang untuk keperluan pibadi maupun untk kepeluan pekerjaan.

Sejak pertama kali printer ditemukan oleh Johannes Gutenberg pada era tahun 50-an, dimana printer digunakan sebagi pengganti dari mesin tik yang sudah menagalami banyak perubahan, mulai dari jenis, dan juga teknologinya.

tips memilih printer sesuai kebutuhan

Pada awalnya, sebuah printer membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencetak sebuah dokumen, dan hanya dapat mencetak dokumen hitam putih saja. Seiing berkembangnya teknologi kini printer sudah bisa mencetak dengan cepat, bahkan dapat mencetak gambar dengan berbagai macam warna yang sangat tajam dan juga bagus.

Saat ini printer yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan berbagi fitur pelengkap, berikut ini beberapa fitur yang bisa didapatkan pada sebuah printer:
  • Mencetak foto berwarna dengan ukuran besar.
  • Mencetak dengan cepat (printer laser).
  • Melakukan pemindaian dokumen.
  • Fitur Wireles.
  • Sangat Portable.
  • Printer mini (untuk kertas dengan ukuran dibawah A4).

Itulah beberapa fitur pelengkap yang bisa kamu dapatkan ketika membeli printer. Namun, tidak semua fitur ada pada sebuah printer, karena menyesuaikan dengan jenis dan tipe printer itu sendiri.

Tips Memilih Printer

Memiliki printer yang bagus dan juga awet, serta dapat digunakan dalam berbagai macam kondisi menjadi salah satu hal yang sangat diinginkan dari sebuah printer. Maka dari itu, para pengguna harus pintar dalam memilih printer yang bagus dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih printer yang bisa kamu coba ketika akan membeli sebuah printer.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Saat akan membeli printer pastikan terlebih dahulu kebutuhan seperti apa yang kamu butuhkan. Kalau kamu hanya membutuhkan printer untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang sedikit, maka printer deskjet dengan cardtrige bisa menjadi pilihan yang tepat.

Printer deskjet ini lebih tahan lama, dan cara perawatannya pun tidak terlalu sulit, terutama jika printer hanya digunakan untuk melakukan prsoes print dalam jumlah yang sedikit. Namun, jika yang kamu butuhkan printer multifungsi dan digunakan untuk proses print dalam jumlah banyak maka printer dengan sistem ink tank merupakan pilihan yang tepat, karena dapat mencetak lebih banyak.


2. Belilah printer baru

Sebaiknya usahakan untuk membeli printer dalam kondisi baru, mengingat printer merupakan salah satu perangkat yang rentan terhadap kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Apabila kamu membeli printer bekas, bisa saja kamu mendapatkan printer dengan kondisi yang kurang bagus.

Karena itu, disarankan untuk membeli printer baru agar terjamin. Selain terjamin kondisinya, harga printer batu juga tidak terlalu mahal, kamu juga bisa mendapatkan garansi jika suatu saat terjadi kerusakan pada printer yang kamu beli.

3. Perhatikan garansi toko dan pabrik

Salah satu point penting saat membeli printer adalah melihat garansi yang diberikan toko ataupun pabriknya. Apabila garansinya hanya sebentar, maka sebaiknya carilah printer yang memiliki masa garansi yang lebih lama. Garansi yang lama, menunjukan keseriusan dari pabrik ataupun distributor terhadap kualitas dari produk yang mereka buat dan mereka pasarkan.

4. Pilihlah merk dengan kualitas bagus

Merk atau brand juga bisa menjadi salah satu indikator kualitas dari sebuah produk printer. Pilihlah printer dengan merk yang sudah teruji kualitasnya.

Beberapa merk printer seperti Canon, Epson, HP, Brother, dan beberapa merk lainnya merupakan pemain lama dalam memproduksi printer, oleh karena itu bisa dikatakan printer dengan merk-merk tersebut sudah teruji kualitas dan juga ke handalannya.

5. Cek Kondisi fisik printer

Cek kondisi fisik dari printer merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan saat akan membeli sebuah printer. meskipun kamu membeli printer baru, tidak menutup kemungkinan printer tersebut mengalami cacat produkis, dan mengalami gangguan operasional. Jadi, selain mengecek kondisi fisik dari printer, kamu juga harus memastikan bahwa printer tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

6. Perhatikan layanan purna jual

Selain melihat kondisi fisik dari printer yang akan kamu beli, kamu jua perlu memperhatikan layanan purna jual dari distributor. Pilihlah distributor yang memiliki purna jual yang baik, karena hal ini berhubungan erat dengan kalim garansi dan juga proses service apabila printer yang kita beli mengalami kerusakan.

Ketika kamu memilih printer dengan layanan purna jual yang buruk, maka hal ini akan membuat kamu merasa kurang nyaman.

Nah, itulah beberapa tips memilih printer sesuai dengan kebutuhan, yang bisa kamu aplikasikan saat akan membeli printer.

Tidak ada komentar untuk "Tips Memilih Printer Sesuai dengan Kebutuhan"