Pengertian Hotspot : Fungsi dan Jenis-jenisnya

Sebagai pengguna jaringan internet, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah hotspot. Apalagi sekarang ini, hampir semua orang menggunakan internet dan pastinya menggunakan fitur hotspotn untuk berbagi kuota data dengan orang lain. Karena hotspot pada zaman sekarang ini bukan lah hal yang asing di kehidupan kita sehari-hari. Bahkan sepertinya hostpot sudah menjadi alternative dalam mengakses internet. 

Namun sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui pengertian dari hotspot itu sendiri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Juna akan mengulas pengertian dari hotspot beserta fungsi dan juga jenis-jenisnya. Yuk, simak! 

pengertian hotspot

Pengertian Hotspot 


Apa itu Hostpot?

Hotspot adalah sebuah istilah yang digunakan ketika seseorang mendapatkan akses internet dari orang lain.

Melihat dari pengertian hotspot tersebut, sehingga tak heran jika kini hotspot sangat diminati oleh banyak orang untuk saling berbagi akses internet dan mengggunakannya secara bersama-sama. 

Hostpot sendiri bukan hanya dapat digunakan antar sesama smartphone saja, melainkan hotspot juga dapat diakses dengan menggunakan PC ataupun laptop maupun perangkat lainnya. Asalkan perangkat tersebut memiliki fitur WiFi supaya dapat terkoneksi pada pada hostpot sehingga dapat mengakses jaringan internet.

Hotspot memiliki jangkauan yang sanagt terbatas yaitu hanya memiliki jarak beberapa  ratus frekuensi saja, sehingga pengguna hotspot tidak dapat mengksesnya jika jauh dari pernagkat yang mengaktifkan fitur hotspot ini.

Hotspot berbeda dengan Wifi dimana hotspot lebih mudah untuk digunakan jika dibandingkan dengan WiFi. Meskipun keuntungan menggunakan WiFi lebih banyak jika dibandingkan dengan hotspot, akan tetapi penggunaan hotspot jauh lebih praktis, karena kita bisa membawa perangkat tersebut kemana-mana. Sehingga tidak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan hotspot untuk berbagi koneksi internet daripada harus menyediakan WiFi sendiri.

Fungsi Dari Hotspot

Dengan melihat pengertian dari hotspot diatas, tentu fitur hotspot ini memiliki berbagai macam fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Fungsi utama dari hotspot sendiri adalah membagikan akses jaringan internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Berikut ini fungsi fungsi mengenai hotspot:

  • Hostpot dapat digunakan untuk berbagi akses jaringan internet seperti untuk browsing, mengirim e-mail, streaming, dll.
  • Dapat digunakan untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.
  • Penggunanya tidak harus memasang WiFi terlebih dahlu sehingga lebih simple.


Melihat dari beberapa fungsi hotspot diatas, dapat disimpulkan bahwa fitur hotspot ini berfungsi sebagai penyedia jaringan internet lokal dari suatu pernagkat ke perangkat lainnya.

Jenis-jenis Hotspot


Setelah kita mengetahui pengertian dan juga fungsinya, hotspot sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Pengelompokan hotspot ini berdasarkan dari kebutuhan para pengguna hotspot, yakni hotspot gratis, hotspot berbayar, dan ada juga jenis hotspot berbayar ke operator WiFi hotspot.

Penggunaan jenis hotspot ini disesuaikan dengan lingkungan dan juga penggunanya, untuk lebih jelasnya berikut beberapa jenis hotspot yang biasanya digunakan:

1. Hotspot gratis

Sesaui dengan namanya, hotspot gratis adalah jenis hotspot dapat digunakan tanpa harus membayar dan biasanya dapat diakses secara publik.. Jadi. semua orang dapat menikmati akses internet melalui fitur hotspot tersebut secara gratis tanpa harus menggunakan kata sandi.

Beberpa tempat seperti hotel, restoran, cafe, taman bermain, maupun statiun kereta api biasanya menyediakan jenis hotspot gratis.

2. Hotspot berbayar

Berbeda dengan hotspot gratis, jenis hotspot yang satu ini mewajibkan para penggunanya untuk membayar terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

3. Hotspot berbayar ke operator WiFi hotspot

Jenis selanjutnya adalah jenis hotspot yang harus membayar pada operator internet. Biasanya dapat kita temukan pada perangkat  Hyper hotspot, Maksindo, Biznet hotspot, Nusanet, D-net atau penyedia layanan internet yang ada di Indonesi yang banyak pengguna mobilenya. Jenis hotspot ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang suka travelling atau liburan.

Nah, itulah penjelasan ulasan singkat mengenai pengertian hotspot beserta fungsi dan juga jenis-jenisnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Hotspot : Fungsi dan Jenis-jenisnya"