Manfaat Online Shop Bagi Penjual dan Pembeli

Pesatnya kemajuan teknonolgi informasi dan komunikasi salah satunya ditandai dengan semakin menjamurnya online shop atau yang biasa dikenal dengan sebutan toko online. Saking banyaknya toko online, bahkan ada yang meramalkan bahwa toko offline akan kehilangan pasar karena konsumen mulai beralah ke toko online. Ramalan santai tersebut tidak sepenuhnya keliru ataupun salah, karena dengan melihat fenomena sekarang ini, dengan hanya bermodalkan gadget dan kuota internet, siapapun sudah dapat membuka online shop untuk menawarkan barang atau produk, mendapatkan konsumen, melakukan transaksi yang kemudian mendapatkan keuntungan, Dengan modal yang kecil, seorang pebisnis online shop bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan melakukan taktik dan strategi marketing yang efektif dan efisien.

manfaat online shop untuk penjual dan pembeli

Manfaat Online Shop Bagi Penjual dan Pembeli

Berikut ini beberapa manfaat mengenai online shop baik untuk pebisnis (penjual) maupun pembeli (konsumen):

Manfaat Online Shop Bagi Penjual


Bisa Disambi dengan Pekerjaan Lain

Bagi penjual atau penyedia jasa, tidak mengaharuskan mereka pergi kekantor, mengenakan pakaian formal, ataupun menaati sejumlah peraturan yang biasanya diterapkan dikantor. Bisnis online bisa disambi dengan melakukan pekerjaan lainnya, selama dapat mengatur waktu dalam mempergunakan gadgetnya untuk merespon semua pertanyaan atau pesan dari (calon) pembeli, maka bisnis online shop dapat berjalan dengan lancar. Selain sebagai penghasilan tambahan, bisnis online shop bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan lain dapat menjadi back up jika suatu saat pekerjaan utama menagalami sebuah masalah.

Online shop sebenarnya lebih cocok dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki aktivitas rutin, misalnya seperti ibu rumah tangga atau mahasiswa tingkat akhir atau mereka yang sudah terbiasa multi tasking. Semua urusan seperti melakukan promosi, menjawab pertanyaan konsumen prospektif sampai menyukseskan transaksi terkadang membutuhkan perhatian dan tenaga ekstra. Namun, mengingat bisnis online dapat di jalankan dengan modal kecil dan menjanjikan keuntungan yang berlimpah. tidakkah Anda tertarik untuk belajar agar terbiasa dengan multi-tasking?


Modal Minimal dengan Untung Maksimal

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, online shop hanya mewajibkan penjual memiliki gadget dan kuota untuk berkomunikasi dengan (calon) pembeli. Pada umumnya, Anda akan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain, sehingga ketika berhasil melakukan transakis, Anda akan mendapatkan keuntungan atau komisi sekian persen dari nilai transaki yang telah dilakukan. Selain mempromosikan produk atau jasa orang lain, Anda juga bisa mempromosikan produk atau jasa Anda sendiri. Untuk memulai bisnis online sebenarnya Anda tidak harus mengeluarkan modal apapun, karena Anda sudah memiliki gadget dan mengisi ulang kuota atau pulsa sevara rutin sebelum Anda memulai bisnis online. 

Transaksi Mudah

Ketika berhasil melakukan penjualan, Anda tidak akan merasa bingung untuk melakukan transaksi, karena Anda dapat menggunakan sistem tansfer bank untuk menerima pembayaran. Sistem tersebut juga terbilang lebih aman dari berbagai macam kecurangan dan penipuan karena Anda dapat mengecek langsung secara real time apakah uang yang di tansferkan sudah masuk ke rekening Anda atau belum. Ketika Anda sudah memastikan uang pemabayarn sudah masuk, maka Anda bisa segera untuk melakukan pengiriman barang atau jasa yang Anda jual ke alamat pembeli. Mudah sekali bukan?


Manfaat Online Shop Bagi Pembeli


Cara Belanja Praktis

Salah satu manfaat online shop bagi pembeli adalah praktis. Bagi pembeli, manfaat utama dari online shop adalah cara berbelanja yang praktis, karena tidak perlu keluar rumah dan terjebak macet ketika akan membeli sesuatu. Cukup dengan memainkan jari di atas layar gadget, pembeli sudah bisa menemukan dan membeli barang yang mereka cari, dan pilihannya pun sangat beragam.

Setelah menemukan barang yang di cari, pembeli bisa langsung melakukan pembayaran dengan mentansfer sejumlah uang sesuai yang sudah disepakati ke rekening si penjual. Biasanya akan ditambah dengan ongkos kirim, jika pembeli tidak menggunakan sitem Cash On Delivery (CoD). Lagi-lagi hanya dengan menggunakan gadget pembeli sudah bisa langsung melakukan pengiriman uang dan beberapa hari kemudian barang yang dipesanpun akan sampai di rumah. Inilah alasan utaman kenapa banyak pembeli yang mulai beralih ke online shop, baik hanya untuk melihat katalog barang sampai melakukan pembelian.


Keamanan Bertransaksi

Karena pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual, biasanya pembeli akan selektif dalam memilih toko yang akan mereka percaya untuk melakukan transaksi online. Kebanyak pembeli akan memperhatikan secara detail mulai dari tampilan iklan online shop, testimoni pelanggan, serta penampilan pemilik online shop. Beberapa dari mereka hanya akan melakukan pembelian kepada toko-toko terpercaya atau pada orang yang sudah mereka kenal sebelumnya. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan tidak akan merugikan kdua belah pihak dan dapat mempermudah proses jual beli.

Kesimpulan

Online shop menawarkan banyak manfaat dalam bernagai hal baik untuk penjual maupun pembeli. Utamanya, untuk penjual dapat memperoleh keuntungan sedangkan untuk pembeli mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan cara yang lebih praktis dan gak ribet.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai manfaat online shop bagi penjual dan pembeli. Semoga dengan mengetahui hal tersebut membuat Anda semakin yakin untuk membuka online shop ataupun berbelanja di online shop. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Online Shop Bagi Penjual dan Pembeli"