3 Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah SAW

Cara berbisnis para pengusaha yang telah sukses patut kita contoh dan kita jadikan sebagi pedoman dalam menjalankan bisnis yang sedang kita rintis. Bagi orang muslim Rasulullah SAW merupakan suri tauladan yang dijadikan sebagai panutan, selain beliau menjadi contoh untuk kita untuk menjadi seorang muslim yang baik dan benar, Rasululluah juga memberikan kita contoh dalam muamalah salah satunya dalam bidang usaha, karena beliau juga pernah menjadi seorang pedagang.

Bahkan Rasulullah SAW telah menjadi seorang pedagang sejak usia remaja, pada masa itu beliau sering diajak oleh pamannya yakni Abu Thalib untuk berdagang ke negeri Syam. Dengan pengalaman berdagang sejak usia remaja, ada beberapa sumber yang mengisahkan aktifitas berdagang tersebut beliau jalani hingga usia 40 tahun, sehingga Rasulullah SAW memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam dunia perdagangan.

rahasia sukses bisnis rasulullah

Rahasia Bisnis Ala Rasulullah SAW

Selama berbisnis Rasulullah SAW bukan hanya menjadi seorang pedagang yang biasa-biasa saja, melainkan belaiu adalah seorang pebisnis yang sukses karena beliau mampu menguasai pusat-pusat perdagangan besar yang ada pada masa itu.

Berikut ini adalah rahasia sukses bisnis ala Rasulullah SAW yang patut kita ikuti:

1. Jujur

Rasulullah digelari Al-Amin yang memiliki arti "terpercaya". Sifat jujur merupakan salah satu sifat yang melekat pada diri beliau. Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari saja, sikap jujur juga beliau terapkan pada saat berdagang. Sifat jujur saat berbisnis merupakan hal yang sangat penting, tanpa adanya kejujuran maka bisnis yang dijalankan tidak akan pernah meraih kesuksesan.

Dalam usaha apapun kejujuran akan selalu menjadi penilaian konsumen, hal tersebut menjalani salah satu faktor yang menjadi penentu berjalannya sebuah usaha. Sebuah usaha yang sudah memiliki reputasi yang baik di  mata konsumen merupakan hasil dari kejujuran pemilik usaha tersebut, sehingga usahanya akan mudah berkembang dan sanggup bertahan dalam persaingan.

2. Bertanggung jawab

Seorang pebisnis harus memiliki rasa tanggung jawab. Tanggung jawab tersebut harus dilakukan dengan baik, baik itu dalam lingkungan bisnis seperti tanggung jawab terhadap karywan, rekan bisnis, konsumen, dan yang paling Rasulullah SAW jaga adalah tanggung jawab terhadap sang pencipta yakni Allah SWT. Hal inilah yang menjadikan pekerjaannya menjadi berkah dan bermanfaat.

Rasulullah SAW memiliki prinsip dagang yang berbeda dengan pedagang lain pada umumnya, saat berdagang beliau tidak hanya mementingkan keuntungan semata, namun hal terebut harus didapat dengan cara yang Allah SWT ridoi, yang menjadi prioritas utamanya adalah bukan keuntungan di dunia, namun keuntungan di akherat nanti.

3. Amanah dan memenuhi janji

Terkait dengan kepuasan para konsumen, sifat amanah dan selalu menepati janji merupakan  sifat yang dimiliki oleh Rasululullah SAW, dalam dunia bisnispun belaiu selalu menerapkannya, sehingga beliau mendapatkan kepercayaan dari para konsumennya. Hal-hal seperti menjual kwalitas barang yang sesuai. melakukan pengiiman tepat waktu, pembayaran hutang yang tidak pernah meleset dari jadwal yang telah ditentukan dan lain sebagainya, itulah yang membuat para konsumen dan juga mitra bisnis merasa puas , hal tersebut akan berdampak pada nama baik bisnis yang dijalankan.

Demikianlah Rahasian sukses berbisnis ala Rasulullah SAW yang dapat kita jadikan contoh dan pedoman agar bisnis yang kita bangun dapat berjaan dengan baik serta berhasil dan mendapatkan kesuksesan.

Tidak ada komentar untuk "3 Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah SAW"