Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung, Rugi, Beserta Rumus Penghitungannya

Saat pergi berbelanja ke toko ataupun supermarket biasanya kita melihat istilah diskon, bruto, netto, dan tara pada barang yang di jual. Lalu apa maksud dari istilah-istilah tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini yuk! Kamu akan lebih tahu mengenai  diskon, bruto, netto, dan tara.

apa itu berat bersih ?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto. Tara, Untung dan Rugi


1. Pengertian Diskon / Rabat

Diskon atau rabat adalah kata lain dari potongan harga. Diskon sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam dunia bisnis, misalnya suatu perusahaan/toko/supermarket memberikan diskon terhadap barang-barang yang mereka jual agar dapat menarik pengunjung untuk membelinya. Biasanya diskon ditulis dengan satuan persen (%).

Diskon atau rabat adalah potongan harga jual suatu barang. Harga barang sebelum diskon disebut dengan harga kotor, sedangkan harga setelah dipotong disebut dengan harga bersih.

menghitung diskon

Rumus menghitung diskon/rabat dan harga yang harus dibayar

Diskon = Besar diskon x harga barang : 100

Rumus menghitung harga bersih

Harga bersih = harga kotor- diskon

2. Bruto

Bruto Adalah berat kotor suatu barang, yang berat suatu barang yang dihitung isi barang berta tempatnya. Jadi bruto bisa diartikan seluruh berat barang, mulai dari isi hingga kemasannya.

Rumus Bruto:
Bruto = Netto + Tara

3. Netto

Netto adalah berat bersih suatu barang, yaitu berat barang yang dihitung isinya saja tidak beserta tempat atau kemasannya. 

Rumus Netto

Netto = Bruto – Tara

4. Tara

Tara merupakan selisih  antara berat bersih (netto) dan berat kotor (bruto), Jadi tara disini bisa diartikan sebagai berat dari tempat atau kemasannya saja tidak beserta isinya.

Rumus Tara

Tara = Bruto – Netto

Rumus Tara dalam persen (%)

Tara = % Tara x Bruto

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bruton, Netto, dan Tara merupakan istilah-isltilah yang berkaitan dengan berat suatu barang.

Rumus Bruto, Tara, Netto (Tara dalam bentuk persen)

Adapun rumus dari Bruto, Netto, dan Tara dengan tara dalam bentuk persen adalah sebagai berikut:

rumus bruto, netto, dan tara

5. Untung dan Rugi

Apabila harga jual lebih tinggi dari harga beli maka bisa dikatakan dengan keuntungan atau laba. Sebaliknya jika harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli maka dinamakan rugi. Harga beli juga dapat disebut dengan modal.

Rumus Menghitung Untung (Laba) dan Rugi

Untung = Harga penjualan > Harga pembelian
Rugi = Harga penjualan < Harga pembelian

Rumus Besarnya Keuntungan dan Kerugian

Besarnya keuntungan = harga jual – harga beli
Besarnya kerugian = harga beli – harga jual

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Netto, Bruto, Tara, dan Diskon Beserta Rumus Penghitungannya. Semoga dapat menambah pemahaman kita mengenai apa itu Netto, Bruto, Tara, dan Diskon. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung, Rugi, Beserta Rumus Penghitungannya"