5 Peluang Usaha di Pedesaan yang Wajib Kamu Coba

Kamu mau menjadi pegusaha sukses, tapi kurang percaya diri karena tinggal di desa? Siapa bilang jadi seorang pengusaha sukse harus tinggal di kota besar? Faktanya, di desa juga banyak peluang untuk kamu memulai usaha. Bahkan kamu bisa memulai usaha dari nol dengan modal kecil.

Tinggal di desa tidak menjadi halangan untuk meraih kesuksesan. Dalam bisnis hal terpenting adalah peluang. Kalau kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada, kamu bisa meraih kesuksesan.

peluang usaha di pedesaan

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaaan

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka usaha, ada sejumlah usaha yang cocok kamu jadikan sebagai pilihan. Adapun beberapa peluang usahanya adalah sebagai berikut.

1. Bisnis pulsa

Jika kamu mau bisnis dengan modal yang kecil dengan risiko minim maka bisnis pulsa merupakan pilihan terbaik. Pasalnya, untuk bisnis pulsa tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Hanya dengan modal Rp. 50.000,00 saja kamu sudah dapat memulai bisnis berjualan pulsa. Jika kamu memiliki modal yang lebih, kamu bisa membangun konter kecil di depan rumah. Selain berjualan  pulsa, tambahkan juga beberapa produk lainnya, seperti kartu perdana, sharger, baterai, casing, dan aksesoris lainnya.

Untuk memperluas cakupan bisnis pulsa yang kamu miliki, kamu bisa membuka sistem keagenan. Dengan melakukan cara seperti ini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Semakin banyak agen yang kamu miliki, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

2. Pangkas rambut

Bisnis lain yang dapat kamu coba adalah pangkas rambut. kamu tidak harus memiliki keahlian memangkas rambut ketika memulai bisnis ini. Nyatanya, sebagian besar pemiliki usaha pangkas rambut hanya menyediakan tempat dengan sistem bagi hasil. Dengan cara ini selain kamu mendapatkan penghasilan, kamu juga membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan.

Ketika kamu membuka usaha potong rambut, jangan lupa untuk mempromosikannya agar lebih banyak dikenal masyarakat luas. Selain menggunakan media sosial, kamu juga bisa melakukan prmosi dengan memberikan potongan harga atau dengan sistem poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan merchandise.

3. Jual aneka gorengan

Hampir semua orang menyukai gorengan, tidak terkecuali orang-orang di pedesaan. Kamu bisa mencoba untuk berbisnis gorengan dengan berjualan dirumah atau dititipkan di warung-warung yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.

Untuk membedakan gorengan yang kamu jual dengan gorengan orang lain, kamu bisa melakukan inovasi baik dari segi rasa ataupun bentuk. Misalnya kamu membuat bakwan bentuk kotak dengan rasa yang super pedas, cireng isi dengan bumbu rujak, atau mendoan dengan bumbu pecel.

4. Jual aneka minuman

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba, yakni menjual aneka minuman. Bisnis ini tidak memerlukan keahlian khusus dan modal yang besar. Kamu cukup menyediakan tempat, belnder, es batu, dan minuman shacet dengan aneka rasa. Kalau kamu ingin mencoba yang lain, kamu bisa menjual es buah, sop buah, minuman kopi dan juga cokelat.

5. Ternak ayam kampung

Usaha selanjutnya yang cocok bagi pemula di pedesaan adalah ternak ayam. Dibandingkan dengan ternak sapi atau kambing, biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ternak ayam kampung lebih terjangkau. Bisnis ini sangat menjanjikan, karena harga telur ayam kampung lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam ras. Selain bisa diambil telurnya untuk dijual, dagingnya pun masih bisa kamu jual sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat.

Ada dua jenis sistem yang digunakan dalam beternak ayam, yakni sistem umbaran dan sistem intensif. Sistem umbaran menjadi sistem favorit bagi peternak ayam kampung di desa. Pasalnya dengan menggunakan sistem ini para peternak tidak perlu repot untuk mengurus manajemen pakan dan kandang. Cukup dengan menyediakan kandang sederhana kamu sudah bisa memulai bisnis ternak ayam.

Sementara untuk menerapkan sistem semi intensif memerlukan modal yang cukup besar, tetapi sebanding dengan pendapatan yan akan kamu dapatkan. Ada tiga jenis kandang yang dapat kamu pilih, yakni kandang tipe pekarangan, tipe baterai, dan kandang tipe postal. Kalau kamu memiliki pekarangan yang cukup luas, kamu bisa memilih kandang tipe pekarangan. Dengan cara ini kamu bisa melakukan kontrol secara penuh sehingga hasil ternak ayam kampung yang kamu miliki menjadi lebih maksimal.

Dalam menjalankan sebuah bisnis yang terpenting adalah peluang. baik di desa maupun di kota, jika kamu pintar melihat peluang dan bisa memanfaatkannya maka bisnis yang kamu jalankan pasti akan sukses.

Nah, itulah beberapa peluang usaha di pedesaan yang bisa kamu coba. Apapun usaha yang kamu jalani, selama kamu memiliki niat dan mau bekerja keras maka segala kesulitan pasti dapat teratasi. Yuk, mulai bisnis kamu sekarang juga!

Tidak ada komentar untuk "5 Peluang Usaha di Pedesaan yang Wajib Kamu Coba"