15 Peluang Bisnis yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang selalu di rumah bukan menjadi sebuah halangan buat Anda untuk memiliki penghasilan sendiri. Ada banyak pekerjaan yang dapat Anda kerjakan dirumah di sela-sela mengurus keluarga.

Masih banyak yang beranggapan hal ini hanya di jadikan sebagai penghilang rasa jenuh dan menyalurkan hobi saja, namun jangan salah melalukan pekerjaan sendiri di rumah juga dapat memberikan Anda penghasilan, bahkan bisa lebih jauh dari yang Anda bayangkan.

Meski bekerja dirumah terdengar sepele jika dibandingkan dengan bekerja di kantor, namun Anda jangan pernah menganggap hal dapat dikerjakan dengan bermain-main karena disini Anda akan bekerja dengan mengandalkan bakat dan kemampuan Anda sendiri. Anda juga harus bisa mengelola sendiri segala keperluan untuk keberlangsungan pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Banyak bisnis yang dapat Anda kerjakan di rumah dan dijadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Pastikan Anda memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang Anda miliki, karena hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis itu sendiri.

peluang usaha ibu rumah tangga

Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ini 10 peluang bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga, yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan bisnis rumahan yang menguntungkan:

1. Katering atau warung makan

Jika rumah anda berada di sekitar kampus, perkantoran, atau pemukiman padat penduduk, membuka usaha warung makan atau katering merupakan bisnis yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai ibu rumah tangga. Membuka warung makan akan menarik konsumen teruatama di jam makan siang, apalagi warung Anda memiliki tempat yang nyaman dan bersih.

Selain membuka warung makan, anda juga bisa melakukan promosi jasa katering atau bekal makanan ke kantor melalui suami Anda. Jika promosinya sukses, maka akan banyak pelanggan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari peralatan memasak, perlatan makan, dan warung tempat Anda berjualan, supaya pelanggan merasa nyaman dan tenang saat makan di warung makan milik Anda. 

2. Bisnis online

Bisnis yang satu ini kini semakin marak, karena cukup mudah dilakukan dan bisa dikerjakan di mana saja, termasuk di rumah. Anda dapat memulainya dengan skala kecil terlebih dahulu dengan menyediakan beragam produk. Anda bisa berjualan pakaian, kosmetik, ataupun makanan yang susah didapatkan dibeberapa daerah. Jika bisnis online anda berkembang, lama kelamaan Anda bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain dan mengelola bisnis ini secara profesional.

3 Les privat

Membuka les privat di rumah untuk keluarga ataupun kerabat yang memiliki anak SD bisa mendatangkan keuntungan. Selain Anda mendapatkan penghasilan, Anda juga dapat mengasah kemampuan mengajar anak-anak. Anda dapat membantu anak-anak tersebut untuk memahami pelajaran di sekolah dengan suasan yang lebih nyaman dan kekeluargaan tanpa harus malu bertanya jika ada materi yang belum dimengerti.

4 Penulis lepas

Bisnis selanjutnya yang cocok bagi ibu rumah tangga adalah menjadi seorang penulis lepas. Penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang flexible karena dapat dikerjakan di rumah di waktu luang, dan Anda tidak perlu pergi kekantor untuk memenuhi deadline yang ditetukan. Pekerjaan atau bisnis ini cocok bagi mereka yang suka menulis. Dengan semakin menjamurnya media online saat ini, menjadi penulis lepas cukup menjanjikan.

5) Penerjemah bahasa asing

Jika Anda memiliki kemampuan dalam penguasaan bahasa asing, maka Anda dapat memanfaatkan kelebihan tersebut untuk menjadi penerjemah bahasa asing. Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah bahasa asing melalui internet.

6. Kerajinan tangan

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan, Anda dapat mencoba untuk membuka usaha kerajinan tangan. Menjual kerajinan tangan dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bagi ibu rumah tangga.

7. Laundry

Kegiatan cuci-mencuci sudah sangat identik dalam kegiatan rumah tangga. Untuk itu Anda bisa memanfaat peluang tersebut dengan membuka usaha laundry rumahan. Anda hanya perlu menyediakan mesin cuci untuk membantu dan mempermudah usaha Anda. Bila usaha laundry Anda sudah berkembang, Anda juga bisa merekrut orang untuk membantu Anda dalam menjalankan usaha ini. Usaha laundry ini akan sangat bagus jika berlokasi di area yang padat penduduk atau kawasan kampus yang terdapat banyak tempat kost.

8. Bisnis aksesori wanita

Hampir semua perempuan membutuhkan aksesoris untuk menunjang penampilannya. Saat ini, berjualan hijab bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Meskipun Anda hanya mengambil keuntungan sedikit, asalkan hijab Anda terjual cukup banyak, tentu banyak penghasilan yang akan Anda dapatkan. Begitu juga dengan penjualan aksesoris lainnya, seperti gelang, kalung, anting. Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah.

9. Jual pulsa dan token listrik

Sebagian besar orang kini sudah memiliki handphone yang tentunya membutuhkan pulsa secara rutin, selain itu sudah orang yang rumahnya menggunakan sistem pulsa listrik atau listrik prabayar.Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual pulsa handphone dan token listrik. Dengan menyediakan jasa pengisian pulsa dan token listrik akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena keduanya merupakan hal yang dibutuhkan banyak orang secara rutin banyak orang secara rutin.


10. Jasa menjahit

Jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, anda dapat memanfaatkan keahlian yang Anda punya untuk menpatkan keuntungan. Dengan bermodalkan 1 mesin jahit Anda sudah bisa membuka jasa menjahit. Selain bisa mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa mengembangkan keahlian Anda dalam menjahit. Para tetanggapun tidak perlu jauh-jauh jika ingin mengganti resleting celana atau membetulkan pakaiannya yang robek.

11. Buka warung

Meskipun kini minimarket semakin menjamur, namun toko kelontong atau warung masih tetap memiliki prospek yang bagus, terutama jika tempatnya mudah dijangkau. Mulailah dengan membuka warung kecil-kecilan. Jika laris, Anda dapat mengembangkannya dengan menambah jenis produk yang dijual menjadi lebih beragam.

12. Jualan jus

Meskipun berjualan jus sudah menjadi hal biasa, namun Anda bisa mencobanya dengan konsep yang berbeda. Misalnya, jus asli tanpa tambahan gula, dengan memastikan kesegaran buah yang Anda gunakan. Selain bisa mendatangkan penghasilan, Anda juga bisa membuatkan jus untuk keluarga Anda dengan menggunakan bahan-bahan yang menyehatkan sebab Anda sendiri yang memilihnya.

13. Berjualan Kue

Jika Anda dapat memanfaatkan momentum, berjualan kue akan sangat menguntungkan. Anda bisa berjualan kue dengan menyesuaikan momentumnya, misalnya saat hari raya lebaran, natal atau imlek. Bagi Anda yang hobi memasak bisnis yang satu ini akan sangat mengasyikan, karena selain bisa mendapatkan penghasilan Anda juga bisa menyalurkan hobi.

14. Tempat Kost

Bila Anda memiliki rumah atau tempat tinggal yang lokasinya berdekatan dengan area kampus ataupun perkantoran, Anda dapat menjadikannya sebagai usaha yang dapat mendatangkan keuntungan dengan menjadikannya tempat kost. Anda hanya perlu menambahkan  fasilitas pendukung yang dibutuhkan dan membuat iklan tempat kost yang Anda miliki.

15) Spa Rumahan Atau Salon

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang kecantikan, membuka usaha spa rumahan ataupun salon merupakan hal yang dapat mendatangkan keuntungan. Jadikan tetangga dan teman-teman Anda sebagai pelanggan pertama Anda. Apabila hasilnya memuaskan, tentunya bisnis rumahan yang Anda jalani ini bisa terus berkembang dan mendatangkan keuntungan.

Ide-ide bisnis diatas membantu Anda untuk tetap bisa berkarya dirumah tanpa harus meninggal kewajiban Anda sebagai ibu rumah tangga. Yuk, jadi ibur rumah tangga yang tetap berkarya yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain!

Tidak ada komentar untuk "15 Peluang Bisnis yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga"