4 Kesalahan Umum yang Membuat Bisnis Kecil Bangkrut

Setiap kegiatan bisnis pastinya memiliki risiko kegagalan atau kebangkrutan. Hal ini juga berlaku untuk usaha dengan skalan kecil.

Harus diketahui kegagalan dalam berbisnis dapat disebabkan oleh bamyak faktor, salah satu faktornya adalah kesalahan dalam mengambil keputusan.

kesalahan yang sering membuat bisnis bangkrut

Dilansir dari berbagi sumber, berikut ini beberapa kesalahan umum yang dilakukan bisnis kecil sehingga menyebabkan bisnis tersebut mengalami kebangkrutan.

Kesalahan Umum yang Dapat Menyebabkan Bisnis Bangkrut


1. Kekurangan modal atau dana

Kurangnya modal merupakan masalah umum yang seringkali membuat bisnis harus menagalami kebangkrutan. Dengan kurangnya modal, operasi bisnis dapat terhenti kapan saja. Untuk mencegah hal tersebut terjadi alangkah lebih baiknya Anda mempersiapkan modal yang cukup terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu usaha.

2. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan dalam sebuah bisnis atau perusahan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membuat usaha tersebut dapat terus berjalan. Namun, masih banyak pengusaha atau pebisnis yang melakukan kesalahan dalam memilih orang atau bagian keuangan yang belum begitu cakap dalam mengelola keuangan dengan baik. Sehingga mengakibatkan manajemen keuangan  perusahaan menjadi tidak karuan. Ujung-ujungnya perusahaan tersebut mengalami defisit dan harus rela untuk gulung tikar alias bangkrut. Manajemen keuangan memang sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh dalam sebuah bisnis.

3. Tidak memiliki rencana

Menjadi rang pebisnis harus memiliki banyak rencana, termasuk rencana terburuk. Karena dunia bisnis tidak bisa reka ataupun ditebak, segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk keadaan buruk yang dapat dialami oleh sebuah bisnis. Bagi seorang pebisnis sejati, mereka akan selalu mempersiapkan segala kemungkinan jika sesuatu terjadi pada bisnis yang dijalankannya, termasuk dalam keadaan seburuk apapun. Namun, masih banyak pebisnis yang belum bisa menjalankan hal ini. Mereka tidak memiliki banyak rencana yang dapat digunakan untuk mantisipasi keadaan terburuk.

4. Tidak mengerti market atau pasar

Hal yang sering terjadi pada pebisnisl kecil adalah tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menjalankan suatu bisnis. Padahal riset pasar sangat berguna untuk mengetahui apakah produk yang kita jual sudah sesuai dengan harga pasar atau belum. Riset pasar juga berguna untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting dalam membangun suatu bisnis. Jadi, cobalah untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan pasar, jangakauan bisnis, dan mengidentifikasi reaksi konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Dengan memiliki data riset pasar, Anda dapat menentukan langkah apa yang nantinya akan diambil agar bisnis dapat berjalan lancar.

Nah, itulah 4 kesalahan umum yang seringkali menjadi penyebab usaha kecil harus rela gulung tikar. Semoga dengan mengetahuinya dapat meminimalisir terjadinya kebangkurtan pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

Tidak ada komentar untuk "4 Kesalahan Umum yang Membuat Bisnis Kecil Bangkrut"