10 Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, mungkin pernah merasakan betapa nge-pasnya uang saku yang diberikan ketika pergi sekolah ataupun ke kampus. Mulai dari untuk mengisi pulsa, ongkos, keperluan sekolah, kebutuhan pribad, terkadang membuat uang saku habis duluan sebelum digunakan untuk jajan. Tidak sedikit pelajar dan mahasiswa yang ingin medapatkan uang saku tambahan tapi tetap ingin fokus dalam belajar, dan tidak ingin kerja sampingan tersebut mengganggu dalam proses pembelajaran.

Agar kegiatan belajar disekolah dan kampus tidak terganggu oleh aktivitas kerja sampinga, memilih pekerjaan sampingan yang tepat adalah hal yang penting.

Cari peluang usaha yang ada disekitarmu, kemudian amati, tiru, dan modifikasi peluang uasaha tersebut, supaya nantinya kamu memiliki ciri khas yang menjadi pembeda usaha kamu dengan usaha yang lainnya. Dengan memilih peluang usaha yang tepat kamu tidak perlu mengorbankan waktu belajar dan tetap mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan yang kamu kerjakan.

ide usaha untuk pelajar dan mahasiswa

Peluang Usaha Modal Kecil untuk Pelajar dan Mahasiswa


Berikut telah maribaca rangkum usaha dengan modal kecil yang mungkin cocok untuk dijadikan usaha dan kerja sampingan para pelajar dan mahasiswa. Sebenarnya usaha ini bukan hanya cocok untuk pelajar dan mahasiswa saja, tapi bisa juga dilakukan oleh siapa saja.

1. Usaha isi ulang dan voucer pulsa

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mengenai usaha yang satu ini, dan mungkin kamu pernah melihat temanmu menjual pulsa dan voucer isi ulang seperti ini. Ya, memang bisnis jasa isi ulang oulsa ini meruoakan bisnis yang umum dikerjakan oleh pelajar dan juga mahasiswa. 

Sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan pokok, sehingga kebutuhan akan pulsa menjadi semakin meningkat. Menjadikan pasar jasa isi ulang pulsa ini semakin luas.

Tapi haru kamu perhatikan, resiko yang dihadapi oleh para penjual pulsa anatara lian, hutang pembeli yang membeli pulsa lewat sms atau wa seringkali telat bayar atau bahkan lupa untuk membayar. Maka dari itu kamu harus disiplin dalam menekuni bisnis ini agar kamu tidak mengalami kerugian.

Untuk menjadi ageb penjual pulsa kamu hanya perlu mendaftar kepada agen pulsa terdekat atau kamu bisa mencarinya melalui internet. Jika kamu mendaftar melalui internet, yang harus kamu siapkan antara lain, handphone, nomor rekening, dan juga uang pendaftaran.

Besarnya biaya pendaftaran bisanya berbeda-beda di setiap agen. Jika kamu mencarinya melalui Google maka kamu akan menemukan agen yang memberikan biaya pendaftaran mulai dari 50.000, 100.000, 300.000 atau bahkan 500.000. Kamu tinggal pilih sesuai dengan kemampuanmu.

2. Jualan gorengan atau jajanan

Gorengan ataupun jajanan ini bisa kamu jual di sekolah ataupun kampus. Jika kamu memiliki waktu luang lebih kamu bisa menjual gorengan dan juga jajanan selepas pulag sekolah ataupun kampus. Memang membutuhkan usaha yang keras ketika kamu memilih untuk menekuni usaha seperti ini, namun hasil yang didapatkan dari hasil jualan gorengan dan jajanan cukup lumayan dan bisa menambah uang sakumu.

3. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan ini termasuk jenis pekerjaan yang sangat diperlukan terutama bagi pekerja kantoran ataupun anak sekolah dan juga mahasiswa. Entah karena mereka tidak memiliki waktu yang cukup atau karena mereka tidak mau repot harus mengetik panjang dan terlalu banyak.

Kamu bisa menawarkan jasa pengetika kepada teman sekolah, pekerja kantoran dan juga pada mereka ynag kerja di kedinasan. Untuk membuka usaha jasa pengetika ini kamu memerlukan skill menulis cepat dan juga tepat, dan tentunya kamu hars memiliki komputer. Untuk masalh printing kamu bisa melkukannya di warnet atau tempat cetak fotocopy yang berada disekitar tempat tinggalmu.

4. Menjual artikel atau karya tulis pribadi

Jika kamu merupakan orang yang senang atau hobi menulis, kamu bisa menjadikan hobi yang lamu miliki untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan menulis untuk suatu brand atau perusahaan. Lalu bagaimana caranya?

Untuk saat ini kamu bisa memulai dengan mencoba mengirimkan tulisanmu ke mojok.co atau kamu bisa mencoba mencarinya di google denga keyword freelance atau freelane writer, kamu tinggal memilih jenis tulisan seperti apa yang kamu sanggupi. Hasil dari menjual artikel ini cukup untuk menambah uang jajanmu.

5. Guru les

Pekerjaan yang satu ini cocok buat kamu yang suak dengan dunia anak dan dunia pendidikan. Kamu bisa memulai dengan membuka les kecil-kecila atau bisa juga dengan mendaftar ke lemabaga bimbingan belajar yang memang menerima pekerja sampingan.

Atau kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk kerjasma membangun usaha ini. kamu bisa mengatur jadwal kerjamu, sehingga kamu bisa memilah dan mengatur waktu sekolah dan waktu kerja sampinganmu.

6. Pegawai toko

Jika disekita tempat tinggalmu terdapat toko, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan sebagai pegawainya. Jika kamu tidak ingin pekerjaanmu menggangu waktu sekolahmu, maka kamu bisa memilih waktu kerja yang sesuai dengan jam sekolahmu. Lumayan dengan menjadi pegawai toko kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan.

7. Penyiar radio

Bagi kalian yang suka cuap-cuao berbicara panjang lebar, berbincang dengan orang lain, dan bertemu orang baru, mungkin pekerjaan ini cocok buat kamu jadikan pekerjaan sampingan.

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radi kamu bisa mencari stasiun yang dekat dengan tempat tinggalmu, apakah mereka menerima penyiar untuk jam malam, kamu bisa gunakan waktu malam untuk melakukan pekerjaan sebagai penyiar radio.

8. Youtuber

Memiliki video original asli buatanmu sendir, jangn disia-siakan atau hanya disimpan saja. Lebih baik kamu coba untuk membagikannya melalui situs berbagi video Youtube. Siapa tahu bisa viral dan ditonton jutaan orang.

Caranya sangat gampang kamu hanya perlu membuat channel di Youtube, upload video milikmu yang merupakan video asli karyamu sendiri, kemudian daftarkan channel mu ke Google Adsense. Setelah akunmu disetujui maka setiap video kamu ada yang nonton maka akan tampil iklan, Iklan inilah yang nantinya akan dikonversi uang yang akan kamu dapatkan.

9. Blogger

Kamu hobi nulis dan memiliki blog yang pengunjungnya lumayan ramai? sayang banget kalau cuma didiemin gitu aja.

Gimana caranya?

Sejak awal membuat blog kamu pastinya sudah memiliki konsep atau fokus pada satu bidang, misalnya wisata, fesyen, kuliner, dan lainnya.

Contoh jika kamu seorang blogger yang foku membahas make up. Berikan review produk yang lengkap dan menarik, cepat atau lambat pasti ada brand yang tertarik dan menawarkan jasa endorse. Selain dari endorse kamu juga bisa mendaftarkan blog milikmu ke Google Adssense. Seorang blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsesnse seperti halnya dengan youtuber yang mendapatkan konversi bayaran dari iklan yang tayang di cahnelnya.

10. Bisnis online shop

Kini banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis online shop. Kamu bisa memulai bisnis online shop kecil-kecilan dengan menjual barang seperti baju atau hijab yang sekarang sedang laris dipasaran.

Nah, demikian peluang usaha yang bisa dijadikan usaha sampingan bagi pelajar dan juga mahasiswa. Pilihlah usaha yang sesuai dan bisa kamu kerjakan, atau mungkin kamu memiliki ide lain mengenai usaha atau kerja sampingan yang bisa dikerkajan pelajar dan juga mahasiswa? Silahkan tuliskan ide kamupada kolom komentar dibawah ini!. 

Tidak ada komentar untuk "10 Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa"