10 Cara Cerdas Mempromosikan Produk Agar Laku Keras

Memulai bisnis, membuat toko online serta memiliki produk yang bagus hanya sebuah permulaan dalam dinamika bisnis online. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaul dan mempromosikan produk yang Anda miliki.

Sangat disayangkan, banyak bisnis online yang harus rela tutup karena penjualannya tidak meningkat dan cenderung terus menurun meskipun barang yang mereka jual memiliki kualitas yang bagus. Sebagian besar yang mempengaruhi hal tersebut adalah metode pemasaran yang kurang tepat sehingga kurang efektif dalam menggaet pelanggan.

Salah satu hal yang dapat menggaet pelanggan agar mau mengunjungi toko online Anda dan membeli produk yang dijual di dalamnya adalah bagaimana cara mempromosikan produk tersebut.

cara promosi produk

Dalam artikel kali ini, Anda dapat mencoba 10 cara mempromosikan produk agar produk yang Anda terjual habis. Berikut caranya:

Cara Cerdas Mempromosikan Produk Agar Laku Keras


1. Tawarkan diskon melalui e-mail marketing

Email marketing sempat akan ditinggalkan sebagai salah satu cara pemasaran, padahal jika dimanfaatkan dengan baik, cara mempromosikan produk melalui email marketing akan sangat luar biasa dampaknya bagi produk yang Anda jual.

Untuk membangun email subscriber, informasikan di toko  online Anda bahwa bagi mereka yang berlangganan email akan mendapatkan diskon atau promo khusus pada saat produk Anda di launching.

Ketika jumlah email subscriber Anda semakin banyak, setiap kali ada produk baru, Anda langusng bisa mempromosikan produk tersebut kepada merekan dan berikan diskon khusus supaya mereka merasa tertarik untuk segera membelinya.

2. Adakan program give away

Mengadakan program give away memang sudah cukup umum di lakukan oleh pebisnis online. Agar produk Anda semakin dikenal oleh banyak orang, biarkan mereka mencobanya sendiri kemudian minta tanggapan mereka mengenai produk tersebut.

Adakan program give away setiap kali Anda meluncurkan produk baru baik di toko online, email, media sosial, dan sebagainya. 

Wajibkan bagi mereka yang ingin mengikuti program give away yang Anda adakan untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk Anda di akun media social yang mereka miliki. Semakin banyak orang yang mengikuti program give away yang Anda buat, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk Anda, begitu seterusnya.

3. Program referral

Cara promosi selanjutnya adalah program referral. Program referral merupakan teknik marketing yang dimana suatu bisnis mengijinkan pelanggan/pengguna untuk mempromosikan atau menjual produk tersebut kepada orang lain dengan memberikan imbalan kepada pengguna yang berhasil melakukan penjualan.

Nyatanya, tidak semua bisnis mewajibkan orang yang ingin mengikuti program referral menjadi pengguna atau pelanggan terlebih dahulu.

Jadi, selain Anda menerapkan strategi marketing yang lainnya, orang-orang yang tergabung dalam program referral juga membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda miliki.

Menariknya dalam program ini, Anda hanya mengeluarkan biaya (imbalan) ketika produk Anda berhasil terjual. Berbeda dengan cara promosi lain yang pada umumnya harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu meskipun belum tentu menghasilkan penjualan.

4 Kerja sama dengan blogger

Lakukanlah kerja sama dengan blogger yang berhubungan dengan topic bisnis Anda. Minta  mereka untuk melakukan review produk yang Anda jual dan mempostingnya di blognya.

Metode kerja sama dengan blogger ini juga dapat Anda kombinasikan dengan program give away ataupun program referral.

Anda dapat membayar jasa mereka untuk menulis review mengenai produk yang Anda jual atau mengundang mereka untuk mengikuti program give away dan program referral. Dewasa ini Blogger masih menjadi influencer yang berpengaruh dalam dunia digital marketing.

5. Kerja sama dengan influencer di media sosial

Lakukanlah kerja sama dengan influencer entah itu selebram ataupun youtuber, kemudian bangunlah hubungan yang baik dengan mereka.

Begitu Anda memiliki hubungan baik dengan mereka, maka Anda akan berpeluang membangun citra yang baik di hadapan para folowers-nya.

Bila perlu, jadikan mereka sebagai brand ambassador dari produk Anda. Berikan akses ekslusif bagi mereka terhadap produk Anda dan minta mereka untuk mempromosikannya di akun media social yang mereka miliki.

6. Buat video promosional yang mampu dengan jelas memperkenalkan produk anda

Begitu mendengar pembuatan video, pasti Anda langsung berpikir susah membuatnya. Namun, sekarang ini membuat sebuah video tidak sesulit seperti dulu.

Ada banyak sekali software yang dapat membantu Anda dalam membuat video tersebut mulai dari level professional seperti  Adobe Premier hingga aplikasi pembuat video level pemula seperti Lumen5 atau Quick.

Dengan menggunakan aplikasi Lumen5 atau Quik Anda dapat membuat video promosional yang sederhana namun tetap menarik. Ujilah kreatifitas Anda dalam membuat video promosional dengan menggunakan kedua software tersebut.

Jika Anda memliki anggaran yang cukup, Anda bisa meminta bantuan kepada Video creator untuk membuatkan video promosi produk yang Anda jual. Kemudian unggahlah video tersebut ke Youtube dan Facebook Video dan sebarkan di semua media yang Anda gunakan untuk melakukan promosi, seperti media sosial dan toko online.

7. Pelajari SEO (Search Engine Optimation)

SEO selalu di perjuangkan dari waktu ke waktu. SEO membuat informasi yang anda lakukan melalui website dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet melalui mesin pencari, seperti google, yahoo, bing, dsb.

Katakanlah Anda menjual produk hijab, dan ketika pengguna mengetik kata kunci “Hijab” di mesin pencari, maka toko online Anda yang akan muncul di urutan pertama, sehingga besar kemungkinan pengguna akan mengunjungi toko online Anda dan membeli produk yang Anda jual.

Ketika Anda melaunhcing sebuah produk, berikan keterangan yang lengkap dan optimalkan kata kunci yang Anda targetkan, seperti di judul, deskripsi, URL, hingga nama file foto.

Terbitkan di toko online Anda, mintalah bantuan blogger untuk mereferensikan link produk yang Anda jual di blog yang mereka miliki.

Dengan berajalannya waktu, toko online Anda bisa muncul di urutan peratama di mesin pencari sehingga akan lebih mudah ditemukan dan kemungkinan besar akan mendatangkan konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.

Mulailah untuk mempelajari SEO dari sekarang agar Anda dapat segera mempromosikan produk yang Anda jual dengan metode organik yang satu ini.

8. Aktif menyampaikan informasi dan melakukan promosi dari blog

Bila Anda perhatikan, hampir semua bisnis online pasti memiliki blog. Blog merupakan media yang tepat bagi setiap bisnis untuk menyampaikan informasi mengenai produk yang mereka miliki dan melakukan promosi.

Biasanya orang-orang akan mencari informasi terbaru mengenai sebuah perusahaan melalui blog perusahaan tersebut. Maka dari itu, buatlah sebuah blog kemudian manfaatkan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan produk yang Anda miliki.

Tulislah konten-konten menarik dan ulas semua hal yang berhubungan dengan bisnis Anda di dalam blog tersebut. Manfaatkan SEO maupun media sosial agar konten tesebut dapat dibaca. Semakin banyak dibaca, semakin besar pula kemungkinan produk yang Anda ulas di dalamnya dibeli.

9. Adakan kontes

Kontes merupakan teknik lama tapi masih efektif. Kenapa? Karena dengan mengadakan kontes, Anda akan mendapatkan banyak sekali partisipan untuk mempromosikan produk Anda.

Beberapa kontes yang dapat Anda coba adalah lomba blog ataupun lomba foto di media social.

Tawarkan hadiah yang menarik bagi pemenang kontes/lomba agar mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah tersebut. Menariknya, yang tidak menang kontes/lomba pun akan tetap ikut mempromosilan produk Anda.

10. Tawarkan product bundling dan berikan diskon spesial

Apabila Anda menjual elektronik seperti smartphone, tawarkan produk bundling, misalnya dengan kartu memori atau powerbank dan berikan diskon harga sepesial untuk satu setnya.

Misalnya, apabila harga satuan smartphone + kartu memori + powerbank mencapai Rp.3 juta, berikan diskon menjadi Rp.2,7 juta apabila pelanggan tersebut membeli satu set produk bundling tersebut. Meraka akan menjadi lebih hemat, produk yang Anda jualpun akan semakin laris.

Nah. Itulah beberapa cara cerdas untuk melakukan promosi agar produk yang Anda jual semakin laris dan laku keras.

Tidak ada komentar untuk "10 Cara Cerdas Mempromosikan Produk Agar Laku Keras"